Unigal Repository

1 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA UNGGULAN DARUL AMIRA CIHAURBEUTI (Studi Quasi Eksperimen Di Kelas X IPS Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral )

Show simple item record

dc.contributor.author Agustin, Tia
dc.contributor.author Ruhyanto, Ahyo
dc.contributor.author Agustin Eka Yanti, Rini
dc.date.accessioned 2022-08-06T06:08:28Z
dc.date.available 2022-08-06T06:08:28Z
dc.date.issued 2021-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1458
dc.description.abstract Tia Agustin (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script Terhadap Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MA Unggulan Darul Amira Cihaurbeuti (Studi Eksperimen Di Kelas X IPS Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral)” dibawah bimbingan Bapak H. Ahyo Ruhyanto, Drs. M.Pd., selaku pembimbing I dan ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd,. M.Pd selaku pembimbing II. Kemampuan berpikir ktitis dalam pembelajaran sangat diperlukan karena dengan kemampuan berpikir kritis siswa mampu mengenali materi pembelajaran dengan baik, serta mendorong proses berpikir kritis siswa untuk menemukan fakta-fakta dalam pembelajaran. Peneliti berasumsi bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script mempengaruhi peningkatan berpikir kritis siswa untuk menunjang kelancaran proses pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative script pada pengukuran awal dan pengukuran ahir di kelas eksperimen. 2) perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran ahir di kelas kontrol. 3) perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative script dengan yang menggunakan metode pembelejaran konvensional pada pengukuran ahir. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, metode dokumentasi dan metode observasi. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pemmbelajaran Koperatif tipe Cooperatove Script dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pda pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (post test). Kata kunci : Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Script, berpikir kritis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Script, berpikir kritis en_US
dc.title 1 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MA UNGGULAN DARUL AMIRA CIHAURBEUTI (Studi Quasi Eksperimen Di Kelas X IPS Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral ) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account