dc.description.abstract |
Sri Lestari (2107170047) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Kelas X MA Al-Amin Puloerang Ciamis (Studi Quasi
Eksperimen pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Badan Usaha
dalam Perekonomian Indonesia) penulisan skripsi ini dibawah bimbingan ibu
Dedeh S.Pd., M.Pd sebagai pembimbing I dan ibu Hj. Utti Suwirta, Dra., M.Pd
sebagai pembimbing II.
Pembelajaran adalah suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur
manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang saling
mempengaruhi untuk mencapai tujuan guru dan peserta didik. Rendahnya
hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini. Tujuan Penelitian ini adalah
untuk mengetahui 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran problem based learning pada pengukuran awal (pretest) dan
pengukuran akhir (posttest). 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (posttest). 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan yang
menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir
(posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah studi quasi eksperimen.
Eksperimen ini akan dilaksanakan pada dua kelas yang berbeda penerapan model
pembelajarannya. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPS 1 dan X
IPS 2 MA Al-Amin Puloerang yang berjumlah 42 peserta didik, Teknik analisis
data dilakukan dengan menggunakan rumus kolerasi produk moment, uji hipotesis
digunakan rumus uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji hipotesis
dinyatakan perhitungan pretest dan posttest kelas eksperimen thitung = 8,8305 dan
ttabel = 1,6788 sehingga terjadi perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran problem based learning. Hasil perhitungan
penelitian dalam uji hipotesis dinyatakan pretest dan posttest kelas kontrol thitung =
4,5906 dan ttabel =1,6954 sehingga terjadi perbedaan hasil belajar peserta didik
yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hasil perhitungan
penelitian dalam uji hipotesis dinyatakan posttest thitung = 4,749 dan ttabel =1,684
sehingga terjadi perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model
pembelajaran problem based learning dengan yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil
Belajar |
en_US |