dc.contributor.author |
Tri Ayuni, Risna |
|
dc.contributor.author |
Ilah |
|
dc.contributor.author |
Ruhyanto, Ahyo |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-06T04:29:54Z |
|
dc.date.available |
2022-08-06T04:29:54Z |
|
dc.date.issued |
2021-07 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1447 |
|
dc.description.abstract |
Rizna Tri Ayuni (2107170018), 2021 “Pengaruh Model Pembelajaran PAIKEM
Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic Terhadap Hasil Belajar
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Pamarican (Studi
Eksperimen di Kelas X IPS pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank
Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran dalam Perekonomian di
Indonesia)”. Dibawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd.,M.Pd sebagai pembimbing 1 dan
Bapak H.Ahyo Ruhyanto, Drs.,M.Pd sebagai pembimbing 2.
Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa factor
diantaranya kondisi peserta didik dan faktor pendidik pada umumnya sibuk dalam
segala administrasi sehingga pendidik lebih sering menggunakan metode
pembelajaran konvensional yang lebih banyak mengandalkan ceramah, maka akan
membuat peserta didik cenderung pasif, mudah jenuh, dan informasi tertangkap
oleh peserta didik tidak sesuai dan tidak memecahkan masalah tentang materi
pembelajaran. Maka dari itu penulis melakukan penelitian dengan menggunakan
Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-
Heuristic untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM Tipe Logan
Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic pada pengukuran awal (pretest) dan
pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. (2) Perbedaan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran
awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. (3) Perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran PAIKEM Tipe Logan
Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic dengan yang menggunakan metode
pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Adapun teknik
analisis data yang digunakan adalah uji t. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Non-equivalent
Conrol Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi
dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan
hasil belajar peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Tipe
Logan Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (posttest). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik
yang menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal
(pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Terdapat perbedaan hasil belajar
peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran PAIKEM Tipe Logan
Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic dengan yang menggunakan Metode
Pembelajaran Konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Avenue Problem Solving (LAPS)-
Heuristic, Hasil Belajar. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
Metode Pembelajaran Avenue Problem Solving (LAPS)- Heuristic, Hasil Belajar. |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM TIPE LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)-HEURISTIC TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 PAMARICAN (Studi Eksperimen di Kelas X IPS pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Sentral, Sistem Pembayaran, dan Alat Pembayaran Dalam Perekonomian di Indonesia) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |