dc.description.abstract |
Nuryani (2107170039) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think
Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Di SMA YRM Cihawar (Studi Eksperimen Pada Kelas XI IPS
Dengan KD 3.6 Menganalisis APBN dan APBD Dalam Pembangunan Ekonomi
)“ penulisan skripsi ini dibawah bimbingan ibu Dedeh, S.Pd.,M.Pd sebagai
pembimbing I dan Ibu Utti Suwirta, Dra., M.Pd sebagai pembimbing II.
Pembelajaran merupakan interaksi yang dilakukan antara guru dengan peserta
didik baik interaksi secara langsung maupun tidak langsung. Metode yang banyak
digunakan saat ini adalah metode ceramah dan pembelajaran masih berfokus pada
guru yang menyebabkan partsipasi peserta didik akan berkurang sehingga peserta
didik akan merasa bosan dan akan berpengaruh terhadap hasil belajar.
Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan memudahkan peserta didik
dalam pencapaian hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share
pada test awal (pretest) dan test akhir (posttest) (2) perbedaan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan metode konvensional pada test awal (pretest dan test
akhir (posttest) (3) perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan
model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan metode konvensional pada test akhir (posttest).
Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Teknik pengumpulan data dengan dilakukan dengan pretest dan posttest. Teknis
analisis data melalui uji instrumen penelitian dan prasyarat uji statistika dan
pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji T.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share
test awal (pretest) sebesar 27 dan test akhir (posttest) sebesar 88,67 dan nilai N-
Gain sebesar 0,85 dengan kategori tinggi (2) terdapat perbedaan hasil belajar
peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada test awal (pretest )
sebesar 29,33 dan test akhir (posttest) 77,33 dan nilai N-Gain sebesar 0,75 dengan
kategori tinggi (3) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dengan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada test akhir
(posttest) kelas eksperimen sebesar 88,67 dan kelas kontrol sebesar 77,33 (hasil
uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,70 > 1,687 dengan taraf signifikansi 0,05
dengan dk 38 Ha: diterima. Dengan demikian terdapat peningkatan hasil belajar
peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan peserta dididk yang menggunakan
model pembelajaran konvensional
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Hasil Belajar. |
en_US |