Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE GRAPHIC ORGANIZER TERHADAP HASILBELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN1 CIHAURBEUTI (Studi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Central , Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran Dalam Perekonomian Indonesia)

Show simple item record

dc.contributor.author Ridwan, Muhammad
dc.contributor.author Dedeh
dc.contributor.author Suwirta, Utti
dc.date.accessioned 2022-08-06T04:06:39Z
dc.date.available 2022-08-06T04:06:39Z
dc.date.issued 2021-08-31
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1441
dc.description.abstract Muhammad Ridwan, (2107170073) “Pengaruh Penerapan metode pembelajaran Cooperatif tipe Graphic Organizer Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMAN 1 Cihaurbeuti (Studi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Central, Sistem Pembayaran Dan Alat Pembayaran Dalam Perekonomian Indonesia)”. Di bawah bimbingan Ibu Dedeh S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Hj. Utti Suwirta, Dra.,M.Pd selaku pembimbing II. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik adalah kurang tepatnya penerapan model pembelajaran dengan materi yang diajarkan. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif untuk mengembangkan pembelajaran agar hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Cooperatif tipe Graphic Organizer pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Pembelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Cooperatif tipe Graphic Organizer dengan metode pembelajaran konvensional pengukuran akhir (posttest) pada mata pelajaran ekonomi kelas X Akuntansi SMAN 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperiment. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan rumus N-Gain untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Cooperatif tipe Graphic Organizer pada kelas eksperimen. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Konvensional pada kelas kontrol. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Cooperatif tipe Graphic Organizer dengan metode pembelajran konvensioanl pada pengukuran akhir (posttest) Kata Kunci : Graphic Organizer, Hasil Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Graphic Organizer, Hasil Belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIF TIPE GRAPHIC ORGANIZER TERHADAP HASILBELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMAN1 CIHAURBEUTI (Studi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Bank Central , Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran Dalam Perekonomian Indonesia) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account