Abstract:
Lia Desiana (2107170028), “Pengaruh Metode Pembelajaran Circuit Learning
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen Pada Mata
Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamarican)”. Di bawah
bimbingan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Ilah,
S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik
di kelas X IPS SMA Negeri 1 Pamarican yang salah satunya disebabkan karena
kurangnya terobosan baru dalam penggunaan metode pembelajaran. Maka dari itu
penulis melakukan penelitian tentang penggunaan metode pembelajaran Circuit
Learning pada mata pelajaran ekonomi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Circuit Learning
pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas
eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di
kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode
Circuit Learning dengan yang menggunakan metode konvensional pada
pengukuran akhir (posttest).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen
dengan desain Quasi Eksperimental Nonequivalent Control Group Design.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumentasi, observasi, dan
test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar
peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Circuit Learning pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2)
Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di
kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan metode Circuit Learning dengan yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran akhir (posttest).
kata kunci: metode pembelajaran circuit learning, hasil belajar