Abstract:
KURNIAWATI, 2108170075, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
INDONESIA, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS
GALUH CIAMIS.
Penelitian ini Berjudul “KARAKTERISTIK BAHASA KOMUNITAS JUAL BELI
ONLINE DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
kemajuan teknologi yang sangat pesat, sehingga baru-baru ini maraknya aplikasi media sosial
yang dijadikan media untuk jual beli secara online. Penelitian ini beretujuan untuk
menganalisis karakteristik variasi bahasa dari segi sarana dan pemakaian dalam media sosial
instagram dengan cara mencari beberapa akun bisnis media sosial instagram yang telah
berhasil menjalankan bisnisnya kemudian menganalisis keterangan setiap produk yang
diunggah dalam bentuk foto/video yang memuat penggunaan variasi bahasa, meneliti
kecenderungan penggunaan variasi bahasa yang sering digunakan. Sampel penelitian ini
adalah 3 akun bisnis media sosial instagram yang masing-masing akun diambil 5 sample
keterangan dalam produk yang diunggah dalam bentuk foto. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik data yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu teknik telaah pustaka,teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik
analisis. Teknik dalam mengolah data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
penyimpulan data. Hasil penelitian karakteristik penggunaan variasi bahasa pada akun bisnis
medial sosial instagram menunjukkan adanya variasi bahasa pada kecenderungan kalimat
yang sering digunakan. Implikasi dari karakteristik bahasa tersebut berdampak pada proses
belajar mengajar yaitu pada bahan ajar, supaya pembelajaran menjadi lebih bervariasi.
Kata Kunci : Variasi Bahasa, Caption, Instagram