dc.contributor.author |
Yaomalieka Hasieba, Iqra |
|
dc.contributor.author |
Rohaeni, Eni |
|
dc.contributor.author |
Ruhyanto, Ahyo |
|
dc.date.accessioned |
2022-08-06T03:32:23Z |
|
dc.date.available |
2022-08-06T03:32:23Z |
|
dc.date.issued |
2021-07-17 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1431 |
|
dc.description.abstract |
Iqra Yaomalieka Hasieba (2021) “Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Make a Match dengan menggunakan Metode Tanya Jawab
Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi Di Kelas X SMAN 1
CISAGA (Studi Eksperimen di Kelas X pada Kompetensi Dasar 3.7
Mendeskripsikan Konsep Manajemen di SMAN 1 CISAGA)” . Penulisan skripsi
ini dibawah bimbingan Ibu Hj. Eni Rohaeni, Dra., M.M sebagai Pembimbing I dan
Bapak H. Ahyo Ruhyanto, Drs., M.Pd sebagai Pembimbing II.
Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui
proses belajar. Hasil belajar juga menjadi tolak ukur keberhasilan suatu
pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor,
diantaranya adalah kurang tepat nya penerapan model pembelajaran dengan materi
yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match. Rumusan masalah dalam penelitian ini
yaitu : 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode tanya jawab pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas Eksperimen? 2)
Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode
konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di
kelas Kontrol? 3) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode tanya
jawab dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada
pengukuran akhir (posttest)? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1)
Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif
tipe Make a Match dan metode tanya jawab pada pengukuran awal (pretest) dan
pengukuran akhir (posttest) di kelas Eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar siswa
yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan
pengukuran akhir (posttest) di kelas Kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dan metode tanya
jawab dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada
pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode
eksperimen tipe Quasi Eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model
pembelajaran Make a Match berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model pembelajaran Make a Match, hasil belajar |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
en_US |
dc.subject |
Model pembelajaran Make a Match, hasil belajar |
en_US |
dc.title |
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X SMAN 1 CISAGA (Studi Ekperimen di kelas X pada Kompetensi Dasar 3.7 Mendeskripsikan Konsep Manajemen di SMAN 1 CISAGA) |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |