Abstract:
Ai Dina Parnasari, 2108170061, Program Studi Pendidikan Bahasa
Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh
Ciamis.
Penelitian ini berjudul “Karakteristik Laras Bahasa Media Sosial Facebook”.
Bertujuan untuk menganalisis kata dan kalimat pada akun bisnis media sosial
facebook dengan cara mencari dan menganalisis 3 akun bisnis yang sedang
menjalankan bisnisnya. Kemudian peneliti menganalisis keterangan dari setiap
produk yang diunggah berupa foto yang memuat kata-kata yang tepat dan sesuai
dan menggunakan kalimat yang efektif. setiap akun bisnis pasti menyertakan
keterangan dalam setiap produk yang diungahnya dalam media sosial salah
satunya facebook, sering kali kurang dipahami oleh pembaca. maka dari itu
peneliti bertujuan untuk mengdeskripsikan karakteristik kata dan kalimat dalam
akun bisnis media sosoal facebook. Metode yang digunakan yaitu metode
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik telaah
pustaka, teknik observasi, teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik analisis.
Teknik dalam pengolahan data yang digunakan yaitu menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah
menunjukan adanya ketepatan, kesesuaian dan keefektifan kalimat yang
digunakan dalam keterangn produk. Implikasi dari karakteristik kata dan kalimat
berdampak pada proses belajar mengajar untuk siswa, supaya siswa dapat menjadi
komunikatif.
Kata kunci: karakteristik kata dan kalimat, media social, facebook