Abstract:
Ai Dina Parnasari, 2108170061, Program Studi Pendidikan Bahasa 
Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh 
Ciamis.
Penelitian ini berjudul “Karakteristik Laras Bahasa Media Sosial Facebook”. 
Bertujuan untuk menganalisis kata dan kalimat pada akun bisnis media sosial 
facebook dengan cara mencari dan menganalisis 3 akun bisnis yang sedang 
menjalankan bisnisnya. Kemudian peneliti menganalisis keterangan dari setiap 
produk yang diunggah berupa foto yang memuat kata-kata yang tepat dan sesuai 
dan menggunakan kalimat yang efektif. setiap akun bisnis pasti menyertakan 
keterangan dalam setiap produk yang diungahnya dalam media sosial salah 
satunya facebook, sering kali kurang dipahami oleh pembaca. maka dari itu 
peneliti bertujuan untuk mengdeskripsikan karakteristik kata dan kalimat dalam 
akun bisnis media sosoal facebook. Metode yang digunakan yaitu metode 
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik telaah 
pustaka, teknik observasi, teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. 
Teknik dalam pengolahan data yang digunakan yaitu menggunakan reduksi data, 
penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah 
menunjukan adanya ketepatan, kesesuaian dan keefektifan kalimat yang 
digunakan dalam keterangn produk. Implikasi dari karakteristik kata dan kalimat 
berdampak pada proses belajar mengajar untuk siswa, supaya siswa dapat menjadi 
komunikatif.
Kata kunci: karakteristik kata dan kalimat, media social, facebook