Abstract:
Iis Nurlela (2107170084) “Pengaruh Penetapan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan (suatu kasus pada perusahaan Tungku Café and Resto Kota Banjar) dibawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti, S.Pd., M.Pd dan Bapak Firman Aryansyah, S.Pd., M.Pd.
Perkembangan dunia usaha saat ini berjalan dengan pesat, secara tidak langsung menciptakan suatu persaingan di bidang pemasaran. Semakin banyak konsumen yang merasa puas dengan barang atau jasa yang ditawarkan, maka volume penjualan di perusahaan tersebut pun akan meningkat. Faktor – faktor yang mempengaruhi volume penjualan ialah : (1) harga, (2) promosi, (3) produk yang ditawarkan, (4) saluran distribusi, (5) mutu. Harga menjadi salah satu pertimbangan utama ketika konsumen akan membeli suatu produk yang mereka inginkan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) gambaran penetapan harga jual yang dilakukan oleh Tungku Café and Resto, (2) gambaran volume penjualan pada Tungku Café and Resto, (3) pengaruh penetapan harga jual terhadap volume penjualan di Tungku Café and Resto. Metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara langsung melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penetapan harga jual menggunakan metode cost plus pricing mengalami fluktuatif dengan rata –rata margin sebesar 23%, (2) volume penjualan mengalami fluktuatif dengan rata – rata penjualan sekitar 38 produk yang terjual, (3) besarnya pengaruh penetapan harga jual terhadap volume penjualan sebesar 57,76% (koefisien determinasi). Hasil uji hipotesis diketahui bahwa t_hitung lebih besar dari t_tabel (3,697 ≥ 2,228) artinya Ho ditolak dan Hi diterima. Hal ini menunjukkan bahwa penetapan harga berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan
Kata kunci : Penetapan harga, cost plus pricing, volume penjualan.