Unigal Repository

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK FOTO DI SMK AS-SAABIQ (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Pencatatan Kartu Utang Di Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga

Show simple item record

dc.contributor.author Selviana Rahman, Elsa
dc.date.accessioned 2022-08-05T07:43:33Z
dc.date.available 2022-08-05T07:43:33Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1420
dc.description.abstract Elsa Selviana Rahman (2107170063) “Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Media Film Dokumenter dengan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Media Komik Foto di SMK As-Saabiq (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Pencatatan Kartu Utang Di Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga)” penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing I dan Bapak Firman Aryansyah S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing II. Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan media pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini: perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (prestes) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen yang menggunakan media film dokumenter. Perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pngukuran akhir (posttest) di kelas kontrol yang menggunakan media komik foto. Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media film dokumenter dan kontrol yang menggunakan media komik foto di kelas eksperimen dan di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui test, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilajutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan N-Gain. Populasi terdiri dari 34 orang siswa kelas XI AKL dan semuanya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen yang menggunakan media film dokumenter dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup baik (signifikan) dengan N-Gain nya yaitu sebesar 0.69, dan kelas kontrol yang menggunakan media komik foto dengan memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup (signifikan) dengan N-Gain nya yaitu sebesar 0.53 pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK As-Saabiq. Kata Kunci : Media Pembelajaran Film Dokumenter dan Komik Foto, Hasil Belajar. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Media Pembelajaran Film Dokumenter dan Komik Foto, Hasil Belajar. en_US
dc.title PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA FILM DOKUMENTER DENGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK FOTO DI SMK AS-SAABIQ (Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Pencatatan Kartu Utang Di Kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account