Abstract:
Elsa Selviana Rahman (2107170063) “Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang
Menggunakan Media Film Dokumenter dengan Hasil Belajar Siswa yang
Menggunakan Media Komik Foto di SMK As-Saabiq (Studi Eksperimen pada
Kompetensi Dasar Pencatatan Kartu Utang Di Kelas XI Akuntansi Keuangan
Lembaga)” penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Rini Agustin Eka Yanti
S.Pd., M.Pd Selaku Pembimbing I dan Bapak Firman Aryansyah S.Pd., M.Pd
Selaku Pembimbing II.
Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini,
karena hasil belajar merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan proses
pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk
mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai
faktor diantaranya pemilihan media pembelajaran dengan tipe yang tidak tepat
digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini: perbedaan hasil belajar
siswa pada pengukuran awal (prestes) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas
eksperimen yang menggunakan media film dokumenter. Perbedaan hasil belajar
siswa pada pengukuran awal (pretest) dan pngukuran akhir (posttest) di kelas
kontrol yang menggunakan media komik foto. Perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan media film dokumenter dan kontrol yang menggunakan media komik
foto di kelas eksperimen dan di kelas kontrol.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design
Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang dilakukan
dengan melalui test, metode observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis
data dilakukan dengan uji korelasi product moment kemudian menganalisis
koefisien korelasi dengan uji validitas dan normalitas, dilajutkan dengan uji
hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dan N-Gain. Populasi terdiri dari 34
orang siswa kelas XI AKL dan semuanya digunakan sebagai sampel. Berdasarkan
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa
pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas
eksperimen yang menggunakan media film dokumenter dengan memperoleh
peningkatan rata-rata yang cukup baik (signifikan) dengan N-Gain nya yaitu
sebesar 0.69, dan kelas kontrol yang menggunakan media komik foto dengan
memperoleh peningkatan rata-rata yang cukup (signifikan) dengan N-Gain nya
yaitu sebesar 0.53 pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan di SMK As-Saabiq.
Kata Kunci : Media Pembelajaran Film Dokumenter dan Komik Foto, Hasil
Belajar.