Unigal Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANJAR (Studi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Manajemen)

Show simple item record

dc.contributor.author Nur Maretiana, Desta
dc.date.accessioned 2022-08-05T07:31:57Z
dc.date.available 2022-08-05T07:31:57Z
dc.date.issued 2021-07-17
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1418
dc.description.abstract Desta Nur Maretiana (2107170037) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 3 Banjar ” Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd dan Bapak H. Ahyo Ruhyanto, Drs., M.Pd. Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini : 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pempelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (post test). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (post test) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pempelajaran Konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (post test) dikelas kontrol. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pempelajaran Kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning (CTL)dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dengan pengukuran akhir (post test). Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANJAR (Studi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Manajemen) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account