dc.description.abstract |
Desta Nur Maretiana (2107170037) “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe
Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 3 Banjar ” Penulisan skripsi ini
di bawah bimbingan Ibu Ilah, S.Pd., M.Pd dan Bapak H. Ahyo Ruhyanto, Drs., M.Pd.
Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena
hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka
pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan,
rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan
model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari
penelitian ini : 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran Kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning (CTL) pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2)
Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pempelajaran
Konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di
kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model
pembelajaran Kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan
siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (post test).
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Terdapat
perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif
tipe Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pengukuran awal (pretest)
dan pengukuran akhir (post test) di kelas eksperimen. 2) Terdapat perbedaan hasil
belajar siswa yang menggunakan model pempelajaran Konvensional pada
pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (post test) dikelas kontrol. 3)
Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pempelajaran
Kooperatif tipe Contextual Teaching And Learning (CTL)dengan siswa yang
menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dengan
pengukuran akhir (post test).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Contextual Teaching and
Learning, Hasil Belajar. |
en_US |