dc.description.abstract |
iv
ABSTRAK
Asep Deni, (2107170019) “Pengaruh Model Pembelajaran Giving Question And
Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran
Ekonomi Di SMA Negeri 1 Cikatomas (Studi Quasi Eksperimen di Kelas XI IPS
Pada Kompetensi Dasar Kerjasama Internasional)” Di bawah bimbingan Bapak Dr.
Endang Mulyadi, S.Pd., M.Pd selaku pembimbing I dan bapak Firman Aryansyah,
S.Pd., M.Pd selaku pembimbing II.
Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena
hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran,
maka pendiik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai
keberhasilan, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah penerapan model
pembelajaran yang kurang tepat. Oleh karena itu, dibutuhkan alternatif untuk
mengembangkan pembelajaran agar hasil belajar mengalami peningkatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan hasil belajar peserta didik
yang menggunakan model pembelajaran giving question and getting answe dengan
menggunakan model konvensional, pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Cikatomas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian eksperimen jenis quasi experimental design dengan jenis desainnya yaitu
nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI
IPS SMA Negeri 1 Cikatomas. Diperoleh kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen
sebanyak 31 sampel dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas control sebanyak 31 sampel.
Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji–t dengan α = 0,05. Hasil analisis
data diperoleh thitung = 6,22 ˃ t-tabel = 1,67 pada taraf kepercayaan 95%, artinya
hipotesis diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan: terdapat perbedaan hasil
belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran giving question and
getting answer dengan menggunakan model konvensionl.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Giving Question And Getting
Answer |
en_US |