Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE RIVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TERPADU AR-RISALAH CIJANTUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Alat Pembayaran Di Kelas X IPS)

Show simple item record

dc.contributor.author Saepul Anwar, Aris
dc.date.accessioned 2022-08-05T07:16:00Z
dc.date.available 2022-08-05T07:16:00Z
dc.date.issued 2020-08-13
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1415
dc.description.abstract Aris Saepul Anwar (2107160098), “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Terpadu Ar-Risalah Cijantung (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Alat Pembayaran di Kelas X IPS).” Dibawah bimbingan Bapak Dr. H. Samiri dan Ibu H. Tati Heryati, Dra., M.M., M.Pd. Rendahnya hasil belajar peserta didik merupakan masalah utama dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam mengukur tercapainya tujuan pembelajaran. Rendahny ahasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya pemilihan model pembelajaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Riview Horay pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Riview Horay dengan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Experimental Design dengan tipe Nonequivalent Contol Group Design..Subjek penelitian yaitu kelas X IPS sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 orang dan kelas X IPA sebagai kelas control sebanyak 31 orang. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay lebih efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Artinya bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay, Hasil belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Riview Horay, Hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE RIVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA TERPADU AR-RISALAH CIJANTUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Alat Pembayaran Di Kelas X IPS) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account