Unigal Repository

PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DENGAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 2 CILACAP (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Manajemen di Kelas X)

Show simple item record

dc.contributor.author Verly Setiyoningrum, Anita
dc.date.accessioned 2022-08-05T07:11:46Z
dc.date.available 2022-08-05T07:11:46Z
dc.date.issued 2021-08
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1413
dc.description.abstract Anita Verly Setiyoningrum (2107170071) “Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran Ekonomi di MAN 2 Cilacap” penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Bapak Firman Aryansyah, S. Pd., M. Pd selaku dosen pembimbing 1 dan Ibu Ilah, S. Pd., M. Pd selaku dosen pembimbing 2. Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan yang menggunakan tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan rumus N-Gain dan uji t-test.Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPS MAN 2 Cilacap dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Non Probability Samplingberupa Sampling Porpusive.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran awal (pretest) dan penilaian akhir (posttest) 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS) dengan yang menggunakan tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran akhir (posttest). Kata Kunci : Two Stay Two Stray (TS-TS), Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Two Stay Two Stray (TS-TS), Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar en_US
dc.title PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TS-TS) DENGAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 2 CILACAP (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Konsep Manajemen di Kelas X) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account