Abstract:
Anita Verly Setiyoningrum (2107170071) “Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik
yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray
(TS-TS) dengan Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Mata Pelajaran
Ekonomi di MAN 2 Cilacap” penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Bapak
Firman Aryansyah, S. Pd., M. Pd selaku dosen pembimbing 1 dan Ibu Ilah, S. Pd.,
M. Pd selaku dosen pembimbing 2.
Rendahnya hasil belajar merupakan masalah dalam penelitian ini, karena
hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran,
maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai
keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor
diantaranya pemilihan model pembelajaran dengan tipe yang tepat digunakan oleh
pendidik, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Perbedaan
hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
Two Stay Two Stray pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir
(posttest) di kelas eksperimen. 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted
Individualization (TAI) pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir
(posttest) di kelas kontrol. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS)
dengan yang menggunakan tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada
pengukuran akhir (posttest).
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan menggunakan
rumus N-Gain dan uji t-test.Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas
X IPS MAN 2 Cilacap dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
Non Probability Samplingberupa Sampling Porpusive.Hasil penelitian
menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TS-TS)
pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) 2) Terdapat
perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pengukuran awal
(pretest) dan penilaian akhir (posttest) 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta
didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray
(TS-TS) dengan yang menggunakan tipe Team Assisted Individualization (TAI)
pada pengukuran akhir (posttest).
Kata Kunci : Two Stay Two Stray (TS-TS), Team Assisted Individualization
(TAI), Hasil Belajar