Abstract:
Sri Sulastri Judul Skripsi “Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa”. Penyusunan skripsi ini di bawah bimbingan Taupik Sopyan, dan Yoyon Sutresna.
Proses pembelajaran Biologi masih kurang efektif dan kurang bervariasi pada saat melakukan aktivitas belajar , kemungkinan ada kaitannya dengan pendekatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga siswa kurang aktif dalam pelajaran, aktivitas belajar siswa hanya mendengarkan penjelasan dan mencatat hal-hal yang penting yang saja yang disampaikan oleh guru ketika proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring dengan model discovery learning terhadap hasil belajar afektif siswa. Waktu Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20 April 2020 di SMA YRM Cihawar tahun ajaran 2019/2020. Populasi peneliti ini adalah seluruh siswa kelas XI yang hanya ada 1 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dan desain deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket sebanyak 20 pernyataan. Data yang diperoleh dari angket adalah data ordinal. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukan bahwa terdapat pengaruh sangat baik terhadap pembelajaran daring dengan menggunakan model discovery learning terhadap hasil belajar afektif siswa.
Kata Kunci : Discovery Learning hasil belajar afektif