Unigal Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Penelitian pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg)

Show simple item record

dc.contributor.author HARIPAH, IRA
dc.date.accessioned 2022-08-05T07:08:37Z
dc.date.available 2022-08-05T07:08:37Z
dc.date.issued 2020-07-21
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1411
dc.description.abstract Ira Haripah. “Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Penelitian pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg)”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Taupik Sopyan dan Adun Rusyana. Pada proses pembelajaran siswa cenderung terbiasa menerima materi yang diberikan guru, sehingga rendahnya rasa keingintahuan siswa akan materi pelajaran yang mengakibatkan siswa tidak memiliki kemampuan untuk berfikir secara kritis pada setiap aspek dari keterampilan menganalisis, mensintesis, mengenal dan memecahkan masalah, menyimpulkan, mengevaluasi serta menilai dan mengambil keputusan. Sehingga diperlukannya proses pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar siswa (student centered) yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satunya yaitu pembelajaran daring dengan model Problem Based Learning. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Baregbeg. Metode pada penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Pemilihan sampel dipilih melalui teknik pusposive sampling yaitu kelas X IPA 1 yang berjumlah 23 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes yang diberikan di akhir pembelajaran. Berdasarkan hasil uji median menunjukkan bahwa sedangkan dan, yaitu maka Me = 10,2 sehingga hipotesis diterima. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Pembelajaran Daring, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Penelitian pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Baregbeg) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account