Abstract:
Khoerunnisa. “Pengaruh Model PjBL-STEM dalam Pembelajaran IPA pada Materi Bioteknologi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa”. Penyusun Skripsi ini Dibawah bimbingan Dr. H.Toto,M.Pd dan Hj. Jeti Rachmawati,Ir.MP
Di era globalisasi kemajuan iptek, dan kemampuan menerima informasi sangatlah mudah ,sehingga guru memerlukan penyesuaikan diri dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model PjBL-STEM dalam pembelajaran IPA pada materi bioteknologi terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dan menganalisis keterampilan berpikir kreatifnya. Peneliti menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan tes keterampilan berpikir kreatifnya. Waktu penelitian pada bulan Maret sampai bulan April 2020, tempat penelitian dalam penelitian ini adalah SMP Negeri 1 Cijeungjing. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen yang digunakan adalah One-Group Pretes-Posttest. Sampel yang digunakan yaitu kelas IX sebanyak 30 orang. Parameter yang diukur yaitu aspek keluwesan dan orisinalitas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purpasive sampling. Data yang diperoleh dengan n-gain diolah secara statistik,sedangkan nilai keterampilan berpikir kreatif secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari rata-rata n-gainnya 81 sudah menunjukkan kriteria tinggi dan rata-rata keterampilan berpikir kreatifnya 65 sudah menunjukkan kriteria kreatif .
Kata kunci : PjBL-STEM, keterampilan berpikir kreatif , n-gain.