Abstract:
Ani Lutfianingrum (2021). “Pengaruh Penggunaan Media
Pembelajaran Audio Visual Tipe Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada
Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Kelas X PBKM di SMK Negeri 2 Banjar
(Studi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Menerapkan Buku Besar)”.
Penulisan Skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Hj. Utti Suwirta, Dra., M.Pd
sebagai Pembimbing I dan Ibu Dedeh, S.Pd., M.Pd sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang
disebabkan oleh terpusatnya pembelajaran pada pendidik yang menyebabkan
kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran dan juga kurangnya
penggunaan media pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu melalui penggunaan
media pembelajaran audio visual tipe video. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui: 1) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan
Media Audio Visual Jenis Video pada pengukuran awal (pretest) dan akhir (post-
test). 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan Metode
pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan akhir (post-test).
3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Media Audio Visual Jenis
Video dengan yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir
(post-test). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi
eksperimen (Quasi Eksperimental). Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai
berikut: 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang
menggunakan Media Audio Visual Jenis Video pada pengukuran awal (pretest)
dan akhir (post-test). 2) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas yang
menggunakan Metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest)
dan akhir (post-test). 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang
menggunakan Media Audio Visual Jenis Video dengan yang menggunakan
metode konvensional pada pengukuran akhir (post-test).
Kata kunci: media pembelajaran audio visual tipe video, hasil belajar