dc.description.abstract |
Aldi Ardiana (2107160043). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnisi Kelas X OTKP SMKN 1 Cipatujah (Studi Quasi Eksperimen Pada Kompetensi Dasar Benuk-Bentuk Badan Usaha di Kelas X OTKP SMKN 1 Cipatujah)”. Penulisan Skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Tati Heryati, Dra., M.M., M,Pd. selaku pembimbing I dan Ibu Rita Patonah, S.Pd., M.Pd. selaku pembimbing II.
Hasil belajar yang rendah merupakan suatu permasalahan dalam proses kegiatan belajar mengajar, karena dengan hasil belajar yang rendah maka tujuan dari pembelajaran tidak akan tercapai dengan optimal, salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan menggunakan berbagai model pembelajaran diantaranya yaitu model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimental design tipe equivalent control group design. Teknik analisis yang digunakan yaitu Uji t. Hasil penelitian diperoleh simpulan sebagai berikut : 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest); 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (post test).
Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe fishbowl. |
en_US |