Unigal Repository

LARAS IKLAN PADA AKUN ONLINE SHOP DI PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Show simple item record

dc.contributor.author Suhendarti, Nurul
dc.date.accessioned 2022-08-05T05:24:01Z
dc.date.available 2022-08-05T05:24:01Z
dc.date.issued 2021-06
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1406
dc.description.abstract Nurul Suhendarti, 2108170062, Program Studi Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis laras bahasa iklan di media sosial Instagram dengan cara mencari beberapa akun online shop di platform media sosial Instagram yang sudah lama dan berhasil menjalankan bisnis tersebut kemudian menganalisis setiap caption atau keterangan setiap unggahan produk dalam bentuk foto atau video yang memuat kata dan kalimat yang menggugah, informatif, persuasif dan bertenaga gerak. Sampel penelitian ini adalah 15 akun online shop di media sosial Instagram yang masing-masing diambil 1 caption atau keterangan unggahan dari setiap akun. Setiap owner atau pembisnis khususnya bisnis di media sosial pasti menyertakan caption di setiap unggahan produknya. Caption yang ditulis untuk menjelaskan detail produk seringkali tidak dipahami oleh pembaca. Penelitian dengan judul “Laras Iklan pada akun online shop di Platform Media Sosial Instagram” bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik bahasa iklan yang digunakan akun online shop di platform media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik data yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu teknik telaah pustaka, teknik observasi, teknik catat, teknik dokumentasi, dan teknik analisis. Teknik dalam mengolah data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian karakteristik laras bahasa iklan pada akun online shop di media sosial menunjukan adanya kata atau kalimat yang menggugah, informatif, persuasif dan bertenaga gerak dalam penulisan keterangan atau caption. Implikasi dari laras iklan tersebut berdampak pada proses belajar mengajar yaitu pada bahan ajar, supaya pembelajaran menjadi lebih bervariatif dan komunikatif. Kata Kunci : Laras Bahasa, Instagram en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Bahasa Indonesia FKIP en_US
dc.subject Laras Bahasa, Instagram en_US
dc.title LARAS IKLAN PADA AKUN ONLINE SHOP DI PLATFORM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account