dc.description.abstract |
ABSTRAK
NOPITA SARI. (2118170030). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas
VII Pada Materi Perbandingan.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan
pemahaman matematis siswa kelas VII pada materi Perbandingan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VII Di salah satu MTs Swasta di Karangnunggal
Kabupaten Tasikmalaya sebanyak enam orang. Pengumpulan data meliputi tes
tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan empat
indikator kemampuan pemahaman matematis, yaitu pemahaman mekanikal
yang dicirikan oleh kegiatan mengingat dan menerapkan rumus secara rutin dan
menghitung secara sederhana, pemahaman induktif yaitu menerapkan rumus
atau konsep dalam kasus sederhana atau dalam kasus serupa, pemahaman
rasional yaitu membuktikan kebenaran suatu rumus dan teorema serta
pemahaman intuitif yaitu memperkirakan kebenaran dengan pasti (tanpa ragu-
ragu) sebelum menganalisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Hampir semua siswa mampu mengingat dan menerapkan rumus secara rutin
dan menghitung secara sederhana; 2) Siswa dengan kemampuan pemahaman
matematis sedang dan tinggi cenderung mampu menerapkan rumus dan
melakukan perhitungan dengan tepat. Sedangkan siswa dengan kemampuan
pemahaman matematis rendah belum mampu menerapkan rumus dan
melakukan perhitungan dengan tepat; 3) Hampir semua siswa belum mampu
membuktikan kebenaran suatu rumus atau teorema; dan 4) Hampir semua siswa
mampu memperkirakan kebenaran rumus (jawaban) meskipun terdapat
beberapa siswa yang kurang mampu dalam memperkirakan dengan pasti rumus
yang hendak digunakan.
Kata Kunci : Kemampuan pemahaman matematis, Perbandingan |
en_US |