Unigal Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Show simple item record

dc.contributor.author Nurholis, Egi
dc.date.accessioned 2019-04-08T18:13:43Z
dc.date.available 2019-04-08T18:13:43Z
dc.date.issued 2016-08
dc.identifier.issn 2355-5726
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/139
dc.description.abstract Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah penerapan pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada siswa kelas XI di SMK Yasira Ciamis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Yasira Ciamis dengan jumlah 24 peserta didik. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik. Hasil penelitian dari implementasi pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh sebesar 66,74% dengan kategori kurang kreatif, pada siklus II meningkat menjadi 82,26% dengan kategori cukup kreatif dan pada siklus III meningkat menjadi 83,65% dengan kategori kreatif. Pada implementasi pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar, pada siklus I memperoleh persentase 45,83%, pada siklus II meningkat menjadi 79,17%, pada siklus III meningkat 91,67%. Hal ini menunjukkan bahwa pada tindakan siklus III ini lah dapat dikatakan berhasil walaupun masih ada 2 siswa yang belum tuntas, namun jika dilihat dari presentasi ketuntasan telah mencapai batas yang telah ditentukan yaitu sebesar 80% siswa yang tuntas. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Jurnal Artefak en_US
dc.subject Pembelajaran Sejarah, Kreativitas dan Hasil Belajar en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR en_US
dc.title.alternative Studi PTK pada Siswa Kelas XI di SMK Yasira Ciamis en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal Artefak
    The Jurnal Artefak was first published in 2014 based on a decree. ISSN 0005.0188/JI.3.2/SK.ISSN/2014.03 and ISSN: 2355-5726. The Jurnal Artefak also has an electronic ISSN: 2580-0027. Since 2017 with SK ISSN 0005.25800027/JI.3.1/SK.ISSN/2017.05 (19 May 2017). Every year the Jurnal Artefak publishes twenty articles for two issues in April and September. The focus of the studies carried out in this publication include history, historiography, educational history, and socio-culture. Currently the editorial staff of the Artifact Journal led by Aan Suryana, S.Pd., M.Pd. The editorial staff of the Jurnal Artefak is located in the Department of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Galuh at the FKIP Building 3rd floor, Jl. RE Martadinata No. 150 Ciamis, 46274 West Java. email: jurnalartefak@unigal.ac.id.

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account