Unigal Repository

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Show simple item record

dc.contributor.author SITI SOPIAH, EVI
dc.date.accessioned 2022-08-05T04:16:57Z
dc.date.available 2022-08-05T04:16:57Z
dc.date.issued 2020-09-09
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1399
dc.description.abstract EVI SITI SOPIAH. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV). Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Latar belakang masalah pada adalah minimnya kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu faktor penting dari tujuan pembelajaran karena memberi pengetahuan semata-mata kepada siswa tidak akan banyak menolongnya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam pembelajaran sebaiknya dapat mengembangkan sikap dan kemampuan peserta siswa yang dapat membantu untuk menghadapi persoalan- persoalan di masa mendatang secara kreatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Cinyasag Kecamatan Panawangan dengan jumlah siswa sebanyak 6 orang yang terdiri dari siswa yang berkemampuan matematika rendah sedang, dan tinggi masing-masing terdiri dari dua orang siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes uraian dan melakukan wawancara secara mendalam pada subyek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel adalah sebagai berikut: 1) Pada indikator kelancaran siswa yang memiliki kemampuan sedang dan rendah, mampu mengingat dan menerapkan rumus serta mampu melakukan perhitungan dengan tepat. Siswa dengan kemampuan sedang dan rendah mampu memberikan kesimpulan secara lisan dan tulisan dengan baik meskipun dengan menggunakan bahasa sendiri. 2) Pada indikator keluwesan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah belum mampu menerapkan rumus dan melakukan perhitungan dengan tepat. Sedangkan, siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang dan tinggi cenderung mampu menyelesaikan jawaban dengan berbagai macam cara. 3) Pada indikator Keaslian siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis rendah, sedang, dan tinggi, mereka cenderung kurang mampu mengerjakan dan menyelesaikan soal dengan jawaban sendiri atau pemikiran sendiri.4) Pada indikator elaborasi hampir semua siswa mampu menyelesaikan jawaban, meskipun terdapat beberapa siswa yang kurang mampu menyelesaikan jawaban secara terperinci. Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa, SPLDV en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa, SPLDV en_US
dc.title ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account