| dc.contributor.author | ROJIKIN | |
| dc.date.accessioned | 2022-08-05T04:10:20Z | |
| dc.date.available | 2022-08-05T04:10:20Z | |
| dc.date.issued | 2021 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1397 | |
| dc.description.abstract | ABSTRAK Rojikin (2118170034), PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode Quasi eksperimen dengan desain pretes-postes yang melibatkan 46 siswa dari dua kelas di SMP Terpadu Dampasan Ciamis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen tes tersebut berbentuk soal uraian. Data yang di analisi berasal dari nilai gain ternormalisasi, data di uji dengan uji maenn- wahtney U dari nilai gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami rata-rata (sedang). Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukan pendekatan STEAM dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Kata Kunci : STEAM, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
| dc.subject | STEAM, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis | en_US |
| dc.title | PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP | en_US |
| dc.type | Article | en_US |