Abstract:
ABSTRAK
Rojikin (2118170034), PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN
MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN
MASALAH MATEMATIS SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode Quasi
eksperimen dengan desain pretes-postes yang melibatkan 46 siswa dari dua kelas di
SMP Terpadu Dampasan Ciamis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
sampel jenuh. Data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan menggunakan
instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Instrumen tes tersebut berbentuk soal
uraian. Data yang di analisi berasal dari nilai gain ternormalisasi, data di uji dengan uji
maenn- wahtney U dari nilai gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami rata-rata
(sedang). Secara keseluruhan hasil penelitian ini menunjukan pendekatan STEAM
dapat dijadikan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP.
Kata Kunci : STEAM, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis