Abstract:
SENDRA RIZA AGUSTIAN. (2118140125). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penggunaan model pembelajaran Konstruktivisme dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah Metode Eksperimen semu (quasi experimental). Teknik analisis data menggunakan uji t. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMP Negeri 6 Rajadesa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung dan VIII A sebagai kelas Eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme . Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest dan Posttest . Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Pokok bahasan yang disajikan sebagai bahan materi adalah bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan model pembelajaran Konstruktivisme dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa.
Kata Kunci: Konstruktivisme, Kemampuan Pemecahan masalah Matematis.