Abstract:
IMAS SITI SA’ADAH. (2118160019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis
Matematis Siswa Smp Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan
berpikir kritis matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VIII di salah satu Sekolah Menengah Pertama Kabupaten
Ciamis sebanyak enam orang. Pengumpulan data meliputi tes tertulis, wawancara
dan dokumentasi. Data dianalisis berdasarkan lima indikator kemampuan berpikir
kritis matematis yaitu 1). Klarifikasi dasar (Elementary clarification) ; 2).
Membangun keterampilan (Basic clarification) ; 3). Klarifikasi lebih lanjut
(Advanced clarification) ; 4). Mengatur strategi dan teknik (Strategies and tactiecs)
; 5). Menyimpulkan (Inference). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hampir
semua siswa dapat mengklarifikasi dasar. 2) Siswa dengan kemampuan berpikir
kritis matematis sedang dan tinggi cenderung dapat membangun keterampilan
dengan baik dan benar, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis
matematis rendah cenderung belum mampu membangun keterampilan. 3) Siswa
dengan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi cenderung dapat
mengklarifikasi lebih lanjut dengan baik, siswa dengan kemampuan berpikir kritis
matematis rendah belum bisa mengklarifikasi lebih lanjut dengan lengkap,
sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis rendah belum bisa
mengklairifikasi lebih lanjut. 4) Hanya sebagian siswa yang bisa mengatur strategi
dan teknik. 5) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis tinggi dan
sedang cenderung dapat menyimpulkan jawaban dari setiap soal dan sub soal yang
diperintahkan, siswa dengan kemampuan berpikir kritis matematis rendah belum
bisa menyimpulkan.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar