Unigal Repository

DESAIN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN PARNE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Show simple item record

dc.contributor.author NURHALIMAH, NINING
dc.date.accessioned 2022-08-05T03:46:47Z
dc.date.available 2022-08-05T03:46:47Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1392
dc.description.abstract NINING NURHALIMAH (2118160049). DESAIN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN PARNE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Namun pada kenyataannya, kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Adapun indikator kemampuan penalaran matematis dalam penelitian ini adalah: (1) Memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan; (2) Memperkirakan jawaban dan proses solusi; (3) Menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematis; (4) Menyusun argumen yang valid; dan (5) Menarik kesimpulan logis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain model pembelajaran Osborn Parne untuk menigkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah motode kajian literatur yang memiliki beberapa tahap yaitu sebagai berikut;(1) mengumpulkan data ;(2) menganalisis data; (3) pemaparan data; (4) reduksi data; (5) penyajian data; dan (6) kesimpulan dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu desain model pembelajaran Osborn Parne dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa terlihat dari indikator penalaran matematis yaitu: (1) memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan; (2) memperkirakan jawaban dan proses solusi; (3) menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematis; (4) menyusun argumen yang valid; dan (5) menarik kesimpulan logis. Kelima indikator kemampuan penalaran matematis tersebut berkaitan dengan sintaks model pembelajaran Osborn Parne yaitu: (1) orientasi; (2) analisa; (3) hipotesis; (4) pengeraman; (5) sintesis; dan (6) verifikasi. Kata Kunci: Osborn Parne, Penalaran Matematis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Osborn Parne, Penalaran Matematis en_US
dc.title DESAIN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN PARNE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account