Abstract:
NINING NURHALIMAH (2118160049). DESAIN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN PARNE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dalam mempelajari matematika. Namun pada kenyataannya, kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Adapun indikator kemampuan penalaran matematis dalam penelitian ini adalah: (1) Memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan; (2) Memperkirakan jawaban dan proses solusi; (3) Menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematis; (4) Menyusun argumen yang valid; dan (5) Menarik kesimpulan logis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain model pembelajaran Osborn Parne untuk menigkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah motode kajian literatur yang memiliki beberapa tahap yaitu sebagai berikut;(1) mengumpulkan data ;(2) menganalisis data; (3) pemaparan data; (4) reduksi data; (5) penyajian data; dan (6) kesimpulan dan verifikasi. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu desain model pembelajaran Osborn Parne dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa terlihat dari indikator penalaran matematis yaitu: (1) memberikan penjelasan dengan model, fakta, sifat-sifat, dan hubungan; (2) memperkirakan jawaban dan proses solusi; (3) menggunakan pola dan hubungan untuk menganalisis situasi matematis; (4) menyusun argumen yang valid; dan (5) menarik kesimpulan logis. Kelima indikator kemampuan penalaran matematis tersebut berkaitan dengan sintaks model pembelajaran Osborn Parne yaitu: (1) orientasi; (2) analisa; (3) hipotesis; (4) pengeraman; (5) sintesis; dan (6) verifikasi.
Kata Kunci: Osborn Parne, Penalaran Matematis