Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah penerapan pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar pada siswa kelas XI di SMK Yasira Ciamis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Yasira Ciamis dengan jumlah 24 peserta didik. Indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah kreativitas dan hasil belajar sejarah peserta didik.
Hasil penelitian dari implementasi pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I memperoleh sebesar 66,74% dengan kategori kurang kreatif, pada siklus II meningkat menjadi 82,26% dengan kategori cukup kreatif dan pada siklus III meningkat menjadi 83,65% dengan kategori kreatif. Pada implementasi pembelajaran sejarah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar, pada siklus I memperoleh persentase 45,83%, pada siklus II meningkat menjadi 79,17%, pada siklus III meningkat 91,67%. Hal ini menunjukkan bahwa pada tindakan siklus III ini lah dapat dikatakan berhasil walaupun masih ada 2 siswa yang belum tuntas, namun jika dilihat dari presentasi ketuntasan telah mencapai batas yang telah ditentukan yaitu sebesar 80% siswa yang tuntas.