Unigal Repository

STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS SISWA SMA PLUS DARUSSALAM PADA PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Show simple item record

dc.contributor.author SIDQI NABAWI, ALWY
dc.date.accessioned 2022-08-05T02:13:09Z
dc.date.available 2022-08-05T02:13:09Z
dc.date.issued 2022-05
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1389
dc.description.abstract v STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS SISWA SMA PLUS DARUSSALAM PADA PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Alwy Sidqi Nabawi1), Endang Hardi2), Romdah Romansyah2) 1)Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Galuh Ciamis 2)Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Bilogi FKIP Universitas Galuh Ciamis Email: drsendangh@gmail.com ABSTRAK Permasalahan pendidikan yang mencuat saat ini, meliputi pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu atau kualitas, relevansi dan efisiensi pendidikan. Terlebih lagi pada pembelajaran daring yang mendorong pendidik maupun peserta didiknya untuk menguasai berbagai sarana penunjang pembelajaran jarak jauh yang semakin berkembang. Pemanfaatan bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media berbasis Information and Comunication Technology (ITC) dapat membentuk generasi e-learning yang kompeten dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Berangkat dari tidak adanya inovasi belajar siswa terhadap mata pelajaran biologi khususnya pada pokok bahasan Sistem Gerak pada Manusia menjadikan siswa memiliki kreativitas yang terbatas. Oleh sebab itu peneliti mencoba mengkombinasikan pembelajaran dengan kemajuan teknologi informasi melalui pembelajaran berbasis teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan proses belajar mengajar modern dalam konteks pembelajaran online, yang lebih efektif dan menarik guna meningkatkan kreativitas siswa kelas XI SMA Plus Darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, angket dan tinjauan pustaka (library research). Adapun untuk menganalisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data hasil observasi. Peneliti juga menggunakan data sekunder dari jurnal nasional serta buku cetak dan online. Kata kunci : Pembelajaran Daring, media TIK, Kreativitas Siswa, E-learning, Teknologi. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Pembelajaran Daring, media TIK, Kreativitas Siswa, E-learning, Teknologi. en_US
dc.title STUDI DESKRIPTIF KREATIVITAS SISWA SMA PLUS DARUSSALAM PADA PEMBELAJARAN DARING BIOLOGI BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account