Abstract:
Devi Faiha Febriani. “Penerapan Pembelajaran Daring dengan Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Indikator Inferensi dan Interpretasi (Penelitian pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Ciamis)”. Penyusunan skripsi ini dibawah bimbingan Hj. Nur Ilmiyati, Dra.,M.M.,M.Pd sebagai pembimbing I dan Endang Hardi, Drs.,M.Pd sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran secara daring dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator inferensi dan interpretasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimental design dengan menggunakan desain penelitian berbentuk one grup pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 3 Ciamis terdiri dari 3 kelas berjumlah 95 siswa. Teknik pengambilan sampelnya teknik pusposive sampling dan sampel penelitiannya siswa kelas X IPA 1 yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis siswa yang terdiri dari 20 soal dengan pokok bahasan vertebrata. Skor pre-test terendah yang dicapai oleh siswa adalah 20, dan skor pre-test tertinggi yang dicapai oleh siswa adalah 75. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata skor pre-test siswa adalah 48,43. Sedangkan skor post-test terendah yang dicapai oleh siswa adalah 70, dan skor post-test tertinggi yang dicapai oleh siswa adalah 95. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata nilai post-test siswa adalah 80,00. Hasil N-gain yang didapat adalah 0,61 dengan kategori sedang. Hasil uji normalitas yang dilakukan bahwa χ^2hitung < χ^2tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 6,03 < 7,81 berarti data berdistribusi normal. Sedangkan uji hipotesis dapat diketahui Zhitung > Ztabel pada taraf signifikansi 5 % yaitu 3,57 > 1,65 ini berarti bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa