Abstract:
Ana Herliana. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based
Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA Informatika
Ciamis pada Materi Limbah” penyusunan skripsi ini di bawah bimbingan Endang
Hardi dan Romdah Romansyah.
Problem Based Learning merupakan serangkaian aktivitas pembelajaran yang
menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan berpikir kreatif
siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Bulan Februari sampai dengan Juli
Tahun Ajaran 2019/2020 di SMA Informatika Ciamis. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan menggunakan One
Group Pretest-Postest Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
purposive sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas X MIPA 3
berjumlah 25 siswa untuk dijadikan sebagai kelas eksperimen. Variabel terikat
pada penelitian ini adalah keterampilan berpikir kreatif, yang meliputi indikator
berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, dan berpikir merinci. Instrumen
yang digunakan adalah tes uraian (pretest-postest) pada Materi Limbah. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa , artinya hipotesis ditolak
yaitu tidak terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based
Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa SMA Informatika Ciamis
pada Materi Limbah.
Kata Kunci : Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif