Unigal Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA (Penelitian di SMA YRM Cihawar pada Sub Materi Tumbuhan Lumut)

Show simple item record

dc.contributor.author KODARIAH, LELA
dc.date.accessioned 2022-08-04T07:26:25Z
dc.date.available 2022-08-04T07:26:25Z
dc.date.issued 2020-07
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1380
dc.description.abstract ABSTRAK Lela., K. (2020).”Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Analisis Siswa SMA (Penelitian di Kelas X IPA SMA YRM Cihawar)”. Penyusunan skripsi ini di bawah bimbingan Yoyon Sutresna, Drs., M.Kes. sebagai Pembimbing I dan Endang Hardi , Drs., M.Pd. sebagi Pembimbing II. Ada beberapa kendala yang sering dihadapi guru dalam menyampaikan materi pelajaran diantaranya yaitu pembelajaran yang berlangsung satu arah, keadaan tersebut menyebabkan peserta didik kurang terlatih untuk mengembangkan daya nalarnya dalam memecahkan permasalahan sehingga kemampuan menganalisis siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis siswa pada pokok bahasan Tumbuhan Lumut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA YRM Cihawar tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan Quasi Eksperimen dan desain one group pretest-postest design. Populasi seluruh siswa kelas X yang hanya ada 1 kelas yang digunakan sebagai sampel populasi dengan teknik sampling jenuh. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan data yang diperoleh berupa kemampuan analisis. Berdasarkan hasil perhitungan uji z, maka diperoleh Zhitung sebesar 3,2 sedangkan Ztabel sebesar 2,33, dengan demikian Zhitung > Ztabel Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis siswa, dengan tingkat pengaruh berkategori tinggi (N-gain 0,79). Kata kunci: Problem Based Learning, kemampuan analisis en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher 1 PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA (Penelitian di SMA YRM Cihawar pada Sub Materi Tumbuhan Lumut) SKRIPSI Disusun untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Oleh LELA KODARIAH NIM. 2119160031 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN en_US
dc.subject Problem Based Learning, kemampuan analisis en_US
dc.title PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA (Penelitian di SMA YRM Cihawar pada Sub Materi Tumbuhan Lumut) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account