dc.description.abstract |
ABSTRAK
Lela., K. (2020).”Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap
Kemampuan Analisis Siswa SMA (Penelitian di Kelas X IPA SMA YRM
Cihawar)”. Penyusunan skripsi ini di bawah bimbingan Yoyon Sutresna, Drs.,
M.Kes. sebagai Pembimbing I dan Endang Hardi , Drs., M.Pd. sebagi Pembimbing
II.
Ada beberapa kendala yang sering dihadapi guru dalam menyampaikan materi
pelajaran diantaranya yaitu pembelajaran yang berlangsung satu arah, keadaan
tersebut menyebabkan peserta didik kurang terlatih untuk mengembangkan daya
nalarnya dalam memecahkan permasalahan sehingga kemampuan menganalisis
siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis siswa
pada pokok bahasan Tumbuhan Lumut. Penelitian ini dilaksanakan di SMA YRM
Cihawar tahun ajaran 2019/2020 dengan menggunakan Quasi Eksperimen dan
desain one group pretest-postest design. Populasi seluruh siswa kelas X yang hanya
ada 1 kelas yang digunakan sebagai sampel populasi dengan teknik sampling jenuh.
Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen soal tes pilihan ganda
sebanyak 20 soal dan data yang diperoleh berupa kemampuan analisis. Berdasarkan
hasil perhitungan uji z, maka diperoleh Zhitung sebesar 3,2 sedangkan Ztabel sebesar
2,33, dengan demikian Zhitung > Ztabel Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh Model Problem Based Learning terhadap kemampuan analisis siswa,
dengan tingkat pengaruh berkategori tinggi (N-gain 0,79).
Kata kunci: Problem Based Learning, kemampuan analisis |
en_US |