Abstract:
Penelitian ini berjudul ” Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Pada Pembelajaran Menulis Cerpen (Studi Eksperimen pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMK Miftahul Ihsan Kota Banjar)”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya minat siswa dalam menulis cerpen mendorong penulis untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan cerpen. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah 1). Bagaimana perencanaan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC)? 2). Bagaimana langkah-langkah pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC)? 3). Bagaimana perubahan kemampuan siswa dalam menulis cerpen setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC)? dan tujuan penelitian ini yaitu 1). Mendeskripsikan perencaaan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC). 2). Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC). 3). Mendeskripsikan perubahan kemampuan siswa dalam menulis cerpen setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC).
Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain matching pretest-post-test control group design. Sumber data pada penelitian adalah siswa kelas XI SMK Miftahul Ihsan Kota Banjar dalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC). peneliti mengambil sampel dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan tes. Teknik pengolahan yang digunakan yaitu menggunakan rumus-rumus yang sesuai dengan kriteria tertentu.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC) dalam pembelajaran menulis cerpen menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC) terbukti efektif pada kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Hasil analisis terhadap pratest dan pascates membuktikan adanya perubahan yang signifikan terhadap analisis uji t. Uji t menunjukan C.R lebih besar dari t tabel, yang berarti terjadi perubahan pada kemampuan siswa dalam menulis cerpen dengan menggunakan model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC).
Kata kunci: cerpen, model Cooverative Ingtegrated Reading And Composition (CIRC).