Unigal Repository

KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN WEBSITE SETARA KEMENDIKBUD MASA PANDEMI COVID-19 DI PKBM AL-FATTAH MANONJAYA

Show simple item record

dc.contributor.author APRILIA DWI ANDANI, PUTRI
dc.date.accessioned 2022-08-04T04:48:30Z
dc.date.available 2022-08-04T04:48:30Z
dc.date.issued 2021-07-26
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1363
dc.description.abstract ABSTRAK Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran yang dilakukan tidak langsung, tetapi menggunakan platform yang dapat membantu proses belajar mengajar yang dilaksankan menggunakan internet meskipun jarak jauh. Setara Kemendikbud menjadi solusi kegiatan pembelajaran yang disediakan oleh pemerintah untuk pendidikan kesetaraan pada masa pandemi covid-19 saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring di PKBM Al-Fattah Manonjaya, dan efektivitas pembelajaran daring menggunakan website Setara Kemendikbud di PKBM Al-Fattah Manonjaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode purposive sampling dengan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, 4 tutor dan 20 warga belajar kelas XII IPS 1. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan, analisis deskripsi. Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring yang dilaksankan di PKBM, semua tutor sudah memenuhi langkah-langkah prosedur pembelajaran pada saat proses kegiatan berlangsung. Efektivitas pembelajaran menggunakan website Setara Kemendikbud ditingkat pendidikan nonformal kesetaraan PKBM Al-Fattah Manonjaya 3 responden menyebutkan “pembelajaran menggunakan Setara Kemendikbud menjadi alternatif solusi pembelajaran pada saat pandemi ini. Pembelajaran menggunakan Setara pun baik.” Ada pun 2 responden lain menyebutkan “Pembelajaran menggunakan website Setara Kemendikbud ini belum bisa dikatakan efektif, dikarenakan pembelajaran yang berhubungan dengan rumus dan angka tidak semua warga belajar memahami materi, banyak sekali warga belajar mengalami kesulitan. Maka dari itu membutuhkan penjelasan secara rinci agar warga belajar dapat memahami materi dan contoh soal. Motivasi belajar warga belajar sangat tinggi terlihat juga komunikasi warga belajar dan tutor bejalan dengan baik, tutor selalu mempunyai alternatif lain dengan membuat video pembelajaran pada saat pembelajaran tidak bisa para warga belajar hanya membaca teori dan rumus. Hasil capaian siswa selama satu semester terakhir menggunakan Setara Kemendikbud meningkat atau bisa dikatakan pembelajaran menggunakan website Setara Kemendikbud cukup efektif atau berhasil. Kata Kunci : Proses Pembelajaran Daring, Efektivitas Pembelajaran, Website Setara Kemendikbud. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Bahasa Indonesia FKIP en_US
dc.subject Proses Pembelajaran Daring, Efektivitas Pembelajaran, Website Setara Kemendikbud. en_US
dc.title KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN WEBSITE SETARA KEMENDIKBUD MASA PANDEMI COVID-19 DI PKBM AL-FATTAH MANONJAYA en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account