Unigal Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas X Agama di MAN 2 Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Fauziah, Elsifa
dc.date.accessioned 2022-08-04T03:55:00Z
dc.date.available 2022-08-04T03:55:00Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1360
dc.description.abstract ELSIFA FAUZIAH, 2108160105, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh Ciamis. Penelitian ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Berbicara Teks Negosiasi dengan Model menggunakan Numbered Heads Together” di kelas X Agama MAN 2 Ciamis. Penelitian dilatar belakangi dengan pandangan bahwa ada beberapa permasalahan yang ditemui oleh guru dalam pembelajaran berbicara. Masalah yang dihadapi oleh guru yaitu, siswa menganggap kegiatan berbicara itu sulit dilakukan. Bukti hasil belajar keterampilan berbicara tersebut dengan masih adanya siswa yang belum mampu mencapai KKM. Pada pembelajaran sebelumnya siswa hanya memperoleh nilai rata-rata 65,75 dengan nilai tertinggi 70 dan itu belum memenuhi syarat pencapaian siswa. KKM mata pelajaran bahasa Indonesia di MAN 2 Ciamis adalah 75. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Nubered Heads Together dalam meningkatkan kemampuan berbicara teks negosiasi.dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara teks negosiasi siswa setelah digunakan model Numbered Heads Together (NHT). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang mengacu kepada apa yang dilakukan guru dalam kelas, untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan melakukan perubahan kekurangan yang dirasakan dengan mempertimbangkan refleksi hasil mengajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dengan cara yang diterapkan: 1) Guru membagi kelompok yang terdiri 5-6 orang siswa. 2) Penomoran 3) Membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS) 4) Guru memanggil secara acak nomor pada setiap anggota kelompok. 5) Siswa dengan nomor yang dipanggil menyampaikan teks negosiasi dengan memperhatikan pemilihan kata, penggunaan tata bahasa dan pelafalan. 6) Siswa lain diberi kesempatan untuk menyampaikan tanggapan. 7) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan. Peningkatan kemampuan siswa kelas X Agama dalam pembelajaran berbicara teks negosiasi sesuai dengan harapan setelah dilaksanakan pembelajaran di kelas X Agama MAN 2 Ciamis dengan menggunakan model Numbered Heads Together (NHT). Peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara teks negosiasi bisa dilihat dari perbandingan hasil tes tiap siklus. Kemampuan awal siswa sebelum menggunakan model Numbered Heads Together (NHT) denga nilai rata-rata 65,75 dan dinyatakan belum mencapai KKM. Pada siklus I nilai rata-rata yang didapatkan oleh siswa adalah 76,66 dan mampu dinyatakan meningkat, namun masih ada sebagian siswa yang belum mencapai KKM. Sementara pada siklus II Rata-rata hasil ini mengalami peningkatan menjadi 90,00 dan semua siswa dikategorikan mampu berbicara teks negosiasi. Kata Kunci: Upaya peningkatan, Teks negosiasi, Numbered Heads Together, Penelitian Tindakan Kelas en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Bahasa Indonesia FKIP en_US
dc.subject Upaya peningkatan, Teks negosiasi, Numbered Heads Together, Penelitian Tindakan Kelas en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA TEKS NEGOSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas X Agama di MAN 2 Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account