Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh impulse buying behavior pada masyarakat
Kabupaten Majalengka pengguna marketplace Shopee yang tinggi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui 1). Besarnya pengaruh positive emotion terhadap
impulse buying behavior pada masyarakat Kabupaten Majalengka; 2). Besarnya
pengaruh price discount terhadap impulse buying behavior pada masyarakat
Kabupaten Majalengka; 3). Besarnya pengaruh positive emotion dan price
discount terhadap impulse buying behavior pada masyarakat Kabupaten
Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan
pendekatan kuantitatif, dengan jumlah populasi sebanyak 32.431 orang dan
sampel sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner,
kemudian dianalisis menggunakan Analisis Deskriptif, Analisis Koefisien
Korelasi Sederhana, Uji Koefisien Determinasi, Uji Parsial (Uji t), Analisis
Koefisien Korelasi Berganda, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Uji F. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1). Positive emotion berpengaruh positif dan
signifikan terhadap impulse buying behavior pada masyarakat Kabupaten
Majalengka pengguna marketplace Shopee dengan besarnya pengaruh 59,91%.
2). Price discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying
behavior pada masyarakat Kabupaten Majalengka pengguna marketplace Shopee
dengan besarnya pengaruh 41,09%. 3). Positive emotion dan price discount
berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying behavior pada
masyarakat Kabupaten Majalengka pengguna marketplace Shopee dengan
besarnya pengaruh 60,84%.