Unigal Repository

PENGARUH MARKET ORIENTATION DAN NETWORKING TERHADAP KEUNGGALAN BERSAING (Studi Pada UMKM Keripik Yang Terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis)

Show simple item record

dc.contributor.author Andriana, Aditya
dc.contributor.author Darna, Nana
dc.contributor.author Nursolih, Enjang
dc.date.accessioned 2022-07-16T04:07:46Z
dc.date.available 2022-07-16T04:07:46Z
dc.date.issued 2022-06-16
dc.identifier.issn 3402180229
dc.identifier.uri http://repository.unigal.ac.id:8080/handle/123456789/1300
dc.description.abstract Penelitian ini difokuskan pada market orientation dan networking terhadap keunggulan bersaing (Studi Pada UMKM Keripik yang Terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis). Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pengaruh market orientation terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Keripik Ciamis (2) bagaimana pengaruh networking terhadap keunggulan bersaing UMKM Keripik Ciamis (3) Bagaimana pengaruh market orientation dan networking terhadap keunggulan bersaing UMKM Keripik Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh market orientation terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Keripik Ciamis. (2) Mengetahui pengaruh networking terhadap keunggulan bersaing UMKM Keripik Ciamis (3) Mengetahui pengaruh pengaruh market orientation dan networking terhadap keunggulan bersaing UMKM KeripikCiamis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey eksplanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan Analisis Deskriptif dan Asosiatif meliputi Analisis Koefesien Korelasi Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi Berganda, , Analisis Regresi Berganda, Analisis Koefesien Determinasi, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t dan Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa market orientation dan networking berpengaruh positif terhadap keunggulan bersaing UMKM Keripik Ciamis dengan besarnya pengaruh 56,5% dan sisanya 43,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Diharapkan pelaku UMKM Keripik yang terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis lebih memperhatikan harga bersaing dimana menyesuaikan dengan kemampuan konsumen misalnya dengan cara menetapkan tingkatan harga sesuai dengan kemasan sehingga konsumen dapat membeli produk sesuai kemampuannya, dan UMKM menawarkan harga yang kompetitif dibandingkan dengan pesaing. en_US
dc.publisher Fakultas Ekonomi Universitas Galuh Ciamis en_US
dc.subject Market Orientation, Networking, Keunggulan Bersaing en_US
dc.title PENGARUH MARKET ORIENTATION DAN NETWORKING TERHADAP KEUNGGALAN BERSAING (Studi Pada UMKM Keripik Yang Terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Ciamis) en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository


Browse

My Account