Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada Analisis Manajemen Resiko Dalam Menentukan
Strategi Pemasaran berbasis SWOT Analisis (studi pada Perumahan Jamanis
Regency kabupaten Tasikmalaya)
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini meliputi : 1]. Bagaimana
manajemen resiko yang dilakukan di perumahan Jamanis regency kabupaten
Tasikmalaya?; 2]. Bagaimana strategi pemasaran berbasis SWOT analisis yang
dilakukan di perumahan Jamanis regency kabupaten Tasikmalaya?; 3]. Bagaimana
manajemen resiko dalam menentukan strategi pemasaran berbasis SWOT analisis
yang dilakukan di perumahan Jamanis regency kabupaten Tasikmalaya? Adapun
tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1]. Untuk
mengetahui manajemen resiko apa saja yang dilakukan di perum Jamanis regency
kabupaten Tasikmalaya. 2]. Untuk mengetahui strategi pemasaran berbasis
analisis SWOT seperti apa yang diterapkan di perum Jamanis regensi kabupaten
Tasikmalaya. 3]. Untuk menekan resiko pemasaran di perum Jamanis regency
kabupaten Tasikmalaya, maka dilakukan identifikasi manajemen resiko dalam
menentukan strategi pemasaran berbasis SWOT analisis.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan data yang
diolah adalah hasil dari observasi, dan dokumentasi peneliti serta hasil wawancara
dari para informan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat tiga jenis
manajemen resiko sangat berpengaruh terhadap penetapan strategi pemasaran
seperti produk, harga, promosi dan distribusi yaitu: probabilitas kerugian,
bencana, dan peristiwa yang tidak diinginkan atau tidak terduga.
Diharapkan Perumahan Jamanis regency kabupaten Tasikmalaya lebih
memperhatikan faktor-faktor resiko yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran
sehingga dapat mencapai tujuan dari perusahan.