dc.description.abstract |
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami perkembangan
dan persaingan yang semakin tinggi, setiap UMKM senantiasa berusaha untuk
mendapatkan konsumen atau pembeli yang setiap harinya harus meningkat.
Permasalahan yang dihadapi dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pengaruh
personal factors dan psychological factors terhadap keputusan pembelian
konsumen pada UMKM Chibil Paksreng?. Adapun tujuan penelitian ini adalah:
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh personal factors dan psychological
factors terhadap keputusan pembelian konsumen pada UMKM Chibil Paksreng.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 435 orang dan sampel dalam
penelitian ini diambil sebanyak 81 orang. Sedangkan analisis data yang digunakan
yaitu analisis koefisien korelasi sederhana, koefisien determinasi, uji t, analisis
regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi berganda, uji F. Dari hasil
penelitian dan pengolahan data menunjukan bahwa personal factors dan
psychological factors berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada konsumen UMKM Chibil Paksreng dengan besarnya pengaruh
68,86% dan sisanya 31,14% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam upaya
meningkatkan keputusan pembelian pada UMKM Chibil paksreng sebaiknya bagi
pelaku usaha menyesuaikan perkembangan teknologi seperti menyediakan
pembayaran melalui uang elektronik supaya dapat menarik daya beli konsumen
sesuai dengan perkembangan zaman, menjaga citra rasa dan kualitas sehingga
konsumen tertarik untuk memutuskan pembelian serta memanfaatkan platform
online supaya lebih dikenal dan lebih dipercaya oleh konsumen. |
en_US |