Abstract:
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh ketersediaan produk dan
diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian (suatu studi pada konsumen
CV Kasuka Steel Gemilang Ciamis). Permasalahan dalam penelitian ini yaitu
bagaimana pengaruh ketersediaan produk terhadap keputusan pembelian,
bagaimana pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan pembelian, serta
bagaimana pengaruh ketersediaan produk dan diversifikasi produk terhadap
keputusan pembelian pada konsumen CV Kasuka Steel Gemilang Ciamis. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui, pengaruh ketersediaan produk terhadap
keputusan pembelian, pengaruh diversifikasi produk terhadap keputusan
pembelian, serta pengaruh ketersediaan produk dan diversifikasi produk terhadap
keputusan pembelian pada konsumen CV Kasuka Steel Gemilang Ciamis. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan pendekaan
kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh yaitu
menggunakan motode Analisis Regresi Sederhana, Analisis Regresi Berganda,
Analisis Kolerasi Sederhana, Analisis Koefisien Kolerasi Berganda, Analisis
Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis menggunakan Uji Signifikan (Uji t dan
Uji F). Hasil dari penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa
ketersediaan produk dan divesifikasi produk berpengaruh positif dan simultan
terhadap keputusan pembelian dengan besarnya pengaruh 46,53% dan sisanya
53,47% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari perhitungan analisis koefisien kolerasi
berganda memiliki tingkat hubungan yang kuat, artinya semakin baik ketersediaan
produk dan diversifikasi produk, maka semakin tinggi pula keputusan pembelian
CV Kasuka Steel Gemilang Ciamis. Bagi penelitian selanjutnya dapat
ditambahkan variabel lain yang mempengaruhi keputusan pembelian karena
53,47% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.