Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan eksperiental marketing
pada PT. Daya Anugrah Ciamis masih belum optimal. Dengan skor terendah
berada pada indikator think dimana belum optimalnya promosi dan iklan yang
dilakukan oleh PT. Daya Anugrah Ciamis. Apabila dibiarkan tanpa
memperhatikan indikator-indikator eksperiental marketing akan mengurangi
perhatian konsumen untuk membeli produk, sehingga konsumen akan mencari
alternative lain dalam pembelian motor seperti mereka akan mencari dealer lain
yang lebih memuaskan konsumen. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan eksperiental
marketing pada PT Daya Anugrah Mandiri Ciamis; untuk mengetahui dan
menganalisis keunggulan bersaing pada PT Daya Anugrah Mandiri Ciamis; dan
untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan eksperiental marketing dalam
menentukan keunggulan bersaing pada PT Daya Anugrah Mandiri Ciamis.
Metode penelitian yang digunakan dalam melakukan penyusunan ini yaitu metode
penelitian deskriptif kualitatif. Anugerah Daya Mandiri mencoba menganalisis
konsumen dengan menggunakan model-model psikologis dalam menganalisis
perilaku konsumen dengan menciptakan pengalaman untuk konsumen.
Keunggulan bersaing pada PT. Anugrah Daya Mandiri Ciamis sudah baik.
Terbukti, bahwa realisasi konsumen PT. Anugrah Daya Mandiri Ciamis
mengalami kenaikan yang signifikan dan secara perbandingan sudah mencapai
target yang ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan
Exsperiental Marketing di PT Anugrah Daya Mandiri Ciamis sudah dilaksanakan
dengan baik, dan peningkatan Keunggulan Bersaing pada PT. Daya Anugerah
Mandiri Ciamis sudah dilaksanakan dengan baik, Hal ini berdampak kepada
peningkatan jumlah konsumen yang membeli motor merk honda di bandingakan
motor merk lainnya di PT. Anugrah Daya Mandiri Ciamis. Untuk lebih
meningkatkan keunggulan bersaing di PT. Anugrah daya Mandiri Ciamis
sebaiknya pihak perusahaan lebih meningkatkan materi promosi dalam
memasarkan produk yang lebih menarik yang mampu memuat informasi yang
lengkap mengenai produk yang di tawarakan perusahaan.