Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi periode 2016 sampai dengan 2020 cenderung menurun. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) Pengaruh Corporate Social Responbility terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi. periode tahun 2016 – 2020. 2) Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi periode tahun 2016 – 2020. 3) Pengaruh Corporate Social Responbility dan Kinerja Keuangan terhadap Return saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang. periode tahun 2016 – 2020.
Metode penelitian menggunakan analisis desain kuantitatif. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh digunakan analisis Koefisien Korelasi Product Moment, Uji Koefisien Determinasi, Uji Hopotesis menggunakan Uji Signifikansi (Uji t), analisis regresi, Analisis Regresi Moderasi dan Uji F
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Corporate Social Responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Eefek Indinesia Tahun 2016-2020. 2) Kinerja Keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Eefek Indinesia Tahun 2016-2020. 3) Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Eefek Indinesia Tahun 2016-2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika penerapan Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan (ROA) tidak dapat meningkatkan return saham.