Abstract:
Perkembangan teknologi yang semakin pesat merupakan sebuah potensi untuk mendorong pemberdayaan
masyarakat desa. Salah satu desa di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, yakni Desa Putatsari masuk
dalam administrasi Kecamatan Grobogan merupakan daerah sentra kerajinan Pandai besi dengan
sebagian besar masyarakatnya adalah seorang empu( pengrajin pandai besi).Akan tetapi, Pemasaran
produk dari sentra kerajinan pandai besi tahunan saat ini masih dilakukan secara tradisional dengan
sistem pengepul. Hal tersebut mendorong penulis untuk melalukan penelitian dengan dasar
pemberdayaan masyarakat desa Putatsari yang memiliki potensi pandai besi untuk bisa memasarkan
produk mereka secara online, dengan platform khusus yang berfokus pada produk hasil tempaan para
empu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan UMKM Kerajinan Pandai Besi untuk terus
berkembang dan mengikuti pembaharuan teknologi khususnya bidang pemasaran. Proses pengumpulan
data penulis lakukan dengan metode studi literatur serta melakukan metode wawancara terhadap para
pengrajin pandai besi yang berada di Tahunan Grobogan. Pengembangan sistem mengacu pada metode
Rapid Application Development (RAD) dengan metode tersebut peneliti dengan subjek saling memberikan
tanggapan sehingga proses desain sistem serta perbaikan masalah dilakukan saat itu juga sehingga
mempercepat pose pengembangan E-marketplace ini. E-marketplace ini berbasis website sehingga dapat
diakses melalui internet oleh banyak pelanggan dengan berbagai lokasi yang berbeda dalam satu waktu.
Pengelolaan penjualan dapat dikelola oleh banyak pihak dengan membuat toko untuk berjualan. Adanya
E-marketplace ini harapannya dapat menjadi menjadi tempat jual besi produk pandai besi yang
bernuansa modern serta memberdayakan para pengrajin dan pelaku usaha pandai besi agar berjalan
lebih efektif dan efisien serta memberikan informasi lebih cepat kepada pelanggan.