Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum efektifnya penerapan aplikasi OSS dalam pelaksanaan pelayanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ciamis, ditemukan beberapa permasalahan diantaranya: 1) masih adanya keterlambatan dalam proses pelayanan pengurusan pada aplikasi OSS, 2) belum memadainya sarana pendukung penerapan program aplikasi OSS, 3) minimnya kemampuan masyarakat menggunakan teknologi, 4) kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang program aplikasi OSS. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang, yaitu: Kepala Bidang Pelayanan Perizinan, Kepala Seksi Verifikasi dan Data, Petugas Bagian Pelayanan, dan tiga orang masyarakat. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Efektivitas Penerapan Aplikasi Online Single Submission (OSS) dalam Pelaksanaan Pelayanan Publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu Kabupaten Ciamis belum dilaksanakan secara efektif. Dikarenakan masih ada beberapa hambatan yang meliputi: kurangnya skill SDM dalam bidang TI, belum memadainya sarana penunjang pelayanan berbasis online, minimnya kemampuan masyarakat dalam menggunakan teknologi informasi, dan kurangnya sosialisasi yang diberikan kepada masyarakat mengenai adanya aplikasi OSS. Adapun upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan yaitu memberikan pelatihan skill mengenai TI sesuai kapasitas kantor, mengoptimalkan sarana yang telah ada, mendampingi masyarakat saat menggunakan aplikasi OSS, serta melakukan sosialisasi ke daerah-daeah di Kabupaten Ciamis tentang aplikasi OSS