dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini bahwa kinerja pelayanan administrasi Pemerintah Desa Cibogo Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran belum dilakukan secara optimal, hal ini terlihat dari Jam kerja pegawai kurang sesuai dengan prosedur yang berlaku, pelayanan administrasi kurang berjalan dengan baik, mutu pelayanan administrasi yang diberikan kepada masyarakat kurang memuaskan Adapun rumusan masalah dalampenelitian ini adalah Bagaimana Kinerja Pelayanan Administrasi Pemerintah Desa Cibogo Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Informan sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data adalah studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara) dan dokumentasi. Penulis mengunakan teknik analisis data kualitatif melalui pengolahan data hasil wawancara dan observasi untuk ditarik kesimpulan sehingga dapat menjawab permasalahan dalam penelitian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kurangnya sumber daya manusia pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat mengalami ketidak sesuaian dengan kurang kedisiplinananya aparatur desa dalam bekerja sehingga pelayanan yang diberikan kepda masyarakat kurang berjalan dengan baik, seperti dalam pelayanan pembuatan surat pengantar kartu tanda penduduk dan pengantar surat lainnya, hal itu menyebabkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat cukup lama. Hambatan-hambatan, seperti kurangnya kemampuan sumber daya manusia dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, kurang pahamnya masyarakat terhadap apa yang mereka butuhkan. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan Kinerja pelayanan administrasi pemerintah Desa Cibogo Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran diantaranya memberikan sosialisasi terhadap masyarakat melalui ketua RT dan RW sehingga dapat disampaikan kepada masyarakat, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pemerintah desa cibogo menyiapkan pelayanan tiga menit jadi dengan aplikasi yang akan luncur pada bulan agustus tahun 2021 dan melakukan pendekatan terhadap masyarakat yang membutuhkan pelayanan yang mereka butuhkan, serta memberika pelayanan yang terbaik terhadap masyarakat. |
en_US |